ABSTRAK
Kata
Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Snawball Trowing, Talking Stik,
Prestasi Belajar.
Pemilihan metode pembelajaran yang tepat
dapat berdampak positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa. Metode
pembelajaran yang selama ini digunakan khususnya di SMP Negeri 14 Banda Aceh
adalah metode konvensional. Oleh karena itu perlu diciptakan proses belajar IPS
terpadu yang baik dan banyak menuntut keaktifan dan keterlibatan siswa. Salah
satu pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa di kelas adalah pembelajaran
kooperatif model snowball throwing dan
talking stik. Penelitian eksperimen
yang berjudul Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball
Throwing Dengan Talking Stik Pada
Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMPN 14 Banda Aceh bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe snowball throwing dan talking stik pada pelajaran IPS terpadu
kelas VII SMPN14 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi
belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan talking
stik pada pelajaran IPS terpadu kelas VII SMPN 14 Banda Aceh. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 44
orang dengan dua lokal yaitu VII-3 dan VII-4.
Pengumpulan data dilakukan melalui tes, teknik pengolahan data dilakukan
dengan uji-t. Hasil pengolahan data didapatkan thitung = 0,62
sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,025 dengan derajat
kebebasan 42 adalah 2,02; maka thitung < ttabel. Artinya
Ho diterima atau Ha ditolak. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan antara
prestasi belajar siswa antara penerapan model snowball throwing dengan talking
stik pada pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMPN 14 Banda Aceh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar