ABSTRAK
Penelitian ini berjudul “Melalui Model
Pembelajaran Example Non Example dapat Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Kelas X-5 Materi Asal Usul dan Persebaran Manusia di Kepulauan
Indonesia Pada SMAN 1 Banda Aceh Tahun
Ajaran 2011/2012”. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya motivasi
siswa dalam proses pembelajaran sehinggga dapat berpengaruh terhadap pencapaian
hasil belajar siswa sehingga diperlukan suatu perubahan dalam proses belajar
mengajar baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh siswa. Model pembelajaran
example non example diyakini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa
menggunakan model example non example. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-5 SMAN 1 Banda Aceh
dan objek penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif example non example. Kegiatan
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan
analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisifatif, dan kolaboratif.
Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Kegiatan
pembelajaran pada penelitian ini direncanakan terlebih dahulu dan dilaksanakan
melalui 2 macam siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat
disimpulkan bahwa 1). Menunjukkan adanya peningkana ketuntasan rata-rata pada
hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklusnya; 2). Aktivitas siswa telah
mencerminkan pelaksanaan model kooperatif example non example; 3). guru dalam mengelola
pembelajaran dengan mengunakan model kooperatif example non example selama siklus I,
II, III mengalami peningkatan; 4). Terjadi peningkatan motivasi belajar siswa
dengan penerapan model example non example pada pelajaran sejarah.
Kata
kunci: model pembelajaran kooperatif, Example Non Example, Motivasi Belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar