ABSTRAK
Penelitian
tindakan kelas ini berjudul “penerapan model pembelajaran koperatif learning number head together
dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pelajaran sejarah materi tradisi sejarah dalam masyarakat indonesia masa
praaksara siswa Kelas X-2
SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun pelajaran 2011/2012”. Penelitian
tindakan kelas ini berangkat dari latar belakang perlunya pembaruan dalam
kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh siswa
khususnya pada mata pelajaran sejarah. Rendahnya aktivitas siswa dalam proses
pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan
kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah Model
pembelajaran Number Head Together diyakini
mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran koperatif learning number head together
pelajaran sejarah pada materi tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa
praaksara siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Banda Aceh, dan
objek penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif number head together. Kegiatan penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan analisisnya
melalui kajian reflektif, partisifatif, dan kolaboratif. Teknik pengolahan data
menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Kegiatan pembelajaran pada
penelitian ini direncanakan dahulu dan dilaksanakan melalui II siklus.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1).
Menunjukkan adanya peningkana ketuntasan rata-rata pada hasil belajar siswa
pada tiap-tiap siklusnya; 2). Aktivitas siswa telah mencerminkan pelaksanaan
model kooperatif Number Head Together; 3). guru dalam mengelola pembelajaran dengan mengunakan model kooperatif Number Head Together selama
siklus I, II mengalami peningkatan; 4). Terjadi peningkatan hasil
belajar siswa dengan penerapan model Number Head Together pada pelajaran sejarah.
Kata
Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together, Hasil Belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar