Kamis, 03 Mei 2012

Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dengan Talking Stik Pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMPN 14 Banda Aceh


ABSTRAK


Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Snawball Trowing, Talking Stik,
                      Prestasi Belajar.

Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat berdampak positif terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa. Metode pembelajaran yang selama ini digunakan khususnya di SMP Negeri 14 Banda Aceh adalah metode konvensional. Oleh karena itu perlu diciptakan proses belajar IPS terpadu yang baik dan banyak menuntut keaktifan dan keterlibatan siswa. Salah satu pembelajaran yang menuntut keterlibatan siswa di kelas adalah pembelajaran kooperatif model snowball throwing dan talking stik. Penelitian eksperimen yang berjudul Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dengan Talking Stik Pada Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di SMPN 14 Banda Aceh bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan talking stik pada pelajaran IPS terpadu kelas VII SMPN14 Banda Aceh. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dan talking stik pada pelajaran IPS terpadu kelas VII SMPN 14 Banda Aceh. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 44 orang dengan dua lokal yaitu VII-3 dan VII-4.  Pengumpulan data dilakukan melalui tes, teknik pengolahan data dilakukan dengan uji-t. Hasil pengolahan data didapatkan thitung = 0,62 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 0,025 dengan derajat kebebasan 42 adalah 2,02; maka thitung < ttabel. Artinya H­o diterima atau Ha ditolak. Dengan demikian, tidak terdapat perbedaan antara prestasi belajar siswa antara penerapan model snowball throwing dengan talking stik pada pelajaran IPS terpadu kelas VII di SMPN 14 Banda Aceh.


           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar