Kamis, 03 Mei 2012

“penerapan model pembelajaran koperatif learning number head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah materi tradisi sejarah dalam masyarakat indonesia masa praaksara siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun pelajaran 2011/2012”.


ABSTRAK

Penelitian tindakan kelas ini berjudul “penerapan model pembelajaran koperatif learning number head together dapat  meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran sejarah materi tradisi sejarah dalam masyarakat indonesia masa praaksara   siswa Kelas X-2  SMA Negeri 1 Banda Aceh Tahun pelajaran 2011/2012”. Penelitian tindakan kelas ini berangkat dari latar belakang perlunya pembaruan dalam kegiatan belajar mengajar baik yang dilakukan oleh guru maupun oleh siswa khususnya pada mata pelajaran sejarah. Rendahnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh pada hasil belajar siswa yang tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh sekolah Model pembelajaran Number Head Together diyakini mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran koperatif learning number head together pelajaran sejarah pada materi tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara siswa Kelas X-2 SMA Negeri 1 Banda Aceh, dan objek penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif number head together. Kegiatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk memperoleh data dan analisisnya melalui kajian reflektif, partisifatif, dan kolaboratif. Teknik pengolahan data menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Kegiatan pembelajaran pada penelitian ini direncanakan dahulu dan dilaksanakan melalui II siklus. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1). Menunjukkan adanya peningkana ketuntasan rata-rata pada hasil belajar siswa pada tiap-tiap siklusnya; 2). Aktivitas siswa telah mencerminkan pelaksanaan model kooperatif Number Head Together; 3). guru dalam mengelola pembelajaran dengan mengunakan model kooperatif Number Head Together selama siklus I, II mengalami peningkatan; 4). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model Number Head Together pada pelajaran sejarah.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Number Head Together, Hasil Belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar