Kamis, 03 Mei 2012

“Hubungan Kinerja dengan Hasil Belajar PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Semester Ganjil 2011/2012”


ABSTRAK



Kata Kunci: Kinerja, Hasil Belajar (nilai) PPL

            Penelitian berjudul “Hubungan Kinerja dengan Hasil Belajar PPL Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah Semester Ganjil 2011/2012” ini mengangkat masalah hubungan antara kinerja mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah yang melaksanakan PPL pada semester ganjil 2011/2012 dengan hasil belajar (nilai) PPL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kinerja dengan hasil belajar PPL. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara kinerja dengan hasil belajar PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah semester ganjil 2011/2012. Populasi penelitian berjumlah 39 mahasiswa di SMP/SMA se-Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, sedangkan sampel 24 mahasiswa di SMP/SMA se-Kota Banda Aceh yang ditentukan secara purposive sampling. Metode yang digunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi, sedangkan pengolahan data dengan teknik statistik korelasional Product Moment, uji-t dan regresi linier sederhana. Hasil analisis data diketahui koefisien korelasi antara kinerja dengan hasil belajar PPL sebesar 0,513. Dari pengujian signifikansi hubungan antara kinerja dengan hasil belajar PPL didapatkan t hitung  > t tabel (2,80 > 1,72) pada taraf signifikansi 0,05 dan derajat kebebasan 22. Artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara kinerja mahasiswa praktikan PPL Prodi Pendidikan Geografi dengan hasil belajar PPL. Pengaruh kinerja terhadap hasil belajar PPL adalah 26,32%. Persamaan garis regresi . Artinya, apabila kinerja mahasiswa praktikan PPL meningkat, maka hasil belajar PPL juga akan meningkat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar