RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMA Negeri 1 Banda Aceh
Mata
Pelajaran : Sejarah
Mata
Ajar : Kerajaan-Kerajaan
Indonesia Bercorak Islam
Kelas/Semester : XI/I
Alokasi
Waktu : 9 JP

I.
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis perjalanan bangsa
Indonesia pada masa Negara-
negara tradisional.
II.
Kompetensi Dasar : 1.3. Menganalisis perkembangan kehidupan Negara-negara
islam
di Indonesia.
III.
Indikator :
·
Menyebutkan nama-nama kerajaan islam
yang ada di Indonesia
·
Menyebutkan lokasi-lokasi kerajaan islam
di Indonesia
·
Menjelaskan kehidupan politik, sosial,
ekonomi, dan kebudayaan dari kerajaan-kerajaan islam di Indonesia.
IV.
Materi pembelajaran : Kerajaan-kerajaan islam yang
bercorak islam.
V.
Tujuan pembelajaran : Membahas KD 4, sehingga siswa dapat
menyebutkan nama-nama
kerajaan islam di Indonesia, serta menjelaskan
kehidupan politik, sosial, ekonomi, dan budaya dari kerajaan-kerajaan islam di
Indonesia.
VI.
Metode pembelajaran : Diskusi kelompok, Tanya jawab.
VII.
Langkah-langkah kegiatan pembelajaran:
Pertemuan
ke IX
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingatkan
kembali tentang kerajaan yang bercorak islam
Motivasi : Memotivasi
siswa terhadap materi pembelajaran
Kegiatan
inti :
Dengan dialog siswa dapat menjelaskan kehidupan politik, sosial,
ekonomi,
budaya dan letak geografis dari kerajaan samudera pasai sampai dengan kerajaan
aceh.
Penutup :
- Siswa memberikan hasil laporan diskusi
- Guru
membuat kesimpulan.
Pertemuan ke X
Pendahuluan
Peng. Prasyaratan : Menanyakan sedikit tentang permasalahan dari
pelajaran lalu.
Motivasi
Kegiatan inti : Dengan berdialog siswa dapat menjelaskan
kehidupan politik,
sosial,
ekonomi, budaya dan letak geografis dari kerajaan demak sampai dengan kerajaan
banten.
Penutup :
- Siswa memberikan hasil laporan diskusi
- Guru
membuat kesimpulan.
Pertemuan ke XI
Pendahuluan
Peng. Syarat : Mengulang sedikit tentang materi yang
telah lalu
Kegiatan inti : Dengan berdialog siswa dapat menjelaskan
kehidupan politik,
sosial,
ekonomi, budaya dan letak geografis dari kerajaan mataram sampai dengan
kerajaan ternate dan tidore.
Penutup :
- Siswa memberikan hasil laporan diskusi
- Guru
membuat kesimpulan.
VIII.
Alat/Sumber :
Buku Sejarah 1, Wayan Badrika, KTSP 2006
IX.
Penilaian : Tes, Diskusi Kelompok
Bentuk Instrumen : Pertanyaan
lisan laporan hasil diskusi.
Contoh instrument :
1. Dimanakah
letak kerajaan Samudera Pasai?
2. Mengapa
kerajaan dengan mudah dapat mengislam jawa dalam waktu yang lebih singkat?
3. Bagaimanakah
pengaruh islam terhadap kehidupan masyarakat ternate dan tidore?
Mengetahui,
Guru Pamong
Dra. Maizul
NIP. 19600517 199003 2001
|
Banda Aceh, 2011
Guru Bidang Studi
Ruhina
NIM. 0806101040001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar